Blogger templates

Pages

Selasa, 20 Oktober 2015

VITAMIN A



SUMBER VITAMIN A


V
itamin, itulah salah satu kata yang sangat erat hubungannya dengan dunia kesehatan. Vitamin terdiri dari beberapa jenis, ada vitamin A, B, C, D, E, dan K. semua vitamin tersebut mempunyai manfaat yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Sama halnya dengan vitamin yang lainnya, vitamin A juga sangat penting untuk menjaga kesehatan anggota tubuh kita. Salah satu manfaat vitamin A yang terkenal adalah unuk menjaga kesehatan mata anda. Namun disini saya tidak akan membahas tentang manfaat vitamin A bagi tubuh kita, namun begitu jika anda tertarik untuk mengetahui manfaat lain vitamin A bagi tubuh kita, silahkan lihat artikel selanjutnya dari saya. Disini kitta akan membahas terlebihh dahulu apa saja makanan yang mempunyi kandungan vitamin A yang tinggi.

Sedikit pengetahuan, vitamin A merupakan salah satu vitamin yang dapat terlarut didalam lemak yang mempunyai peran penting dalam proses pembentukan system penglihatan yang baik. Ada beberapa senyawa didalam vitamin A yang dikelompokkan dalam vitamin A, antara lain retinol, retinil pelmitat, dan juga retinil astetat. Namun, sering kali vitamin A hanya dirujuk pada reinol, karena memang retinol lah yang banyak berperan aktif didalam tubuh. Lantas, dimana kita dapat mendapatkan vitamin A? Mungkin kebanyakan orang hanya mengetahui vitamin A bersumber dari sayur-sayuran, yang mana tidak semua orang mungkin senang mengkonsumsi sayuran tersebut. Nahh… berikut ini saya akan mengulas beberapa sumber makanan yang mengandung vitamin A yang mungkin dapat menjadi pilihan anda atau bahkan bias menjadi makanan favorite anda.

SUMBER MAKANAN YANG MENGANDUNG VITAMIN A
Makanan  yang mengandung vitamin A dari Hewan biasanya disebut dengan retinol. Ada banyak jenis daging atau produk olahan dari hewan yang mengandung vitamin A. Berikut adalah beberapa di antaranya.
1.      Hati Sapi (31,718 IU / 100 gr, 634 % Akg)
Hati sapi terkadang dilihat sebagai makanan yang banyak mengandung kolesterol dan lemak. Tapi semua itu ternyata tidak benar. Hati sapi juga bisa menjadi sumber makanan yang banyak mengandung asam amino esensial. Vitamin A yang terdapat dalam hati sapi memiliki beberapa manfaat, antara lain:
  • Untuk menunjang kesehatan organ dalam mata dan kesehatan mata secara umum.
  • Vitamin A berfungsi untuk mendukung sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.
  • Vitamin A juga bermanfaat untuk mendukung kesehatan dan fungsi organ reproduksi.
2.      Hati Ayam (13,328 IU / 100 gr, 267 %)
Hati ayam menjadi salah satu makanan yang mudah kita dapatkan. Hati ayam bisa diolah menjadi berbagai macam masakan. Selain itu ternyata dalam satu buah hati ayam ditemukan sebanyak 13,328 IU / 100 gr, 267 % dari total kebutuhan tubuh. Vitamin A yang ditemukan dalam hati ayam memiliki peran besar untuk kesehatan mata, mencegah katarak, menjaga kesehatan tubuh dan mengurangi gangguan pencernaan dan kesehatan kulit.
3.      Ikan Salmon (2500 IU / 100 gr, 40 %)
Ikan salmon adalah ikan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. ikan salmon memiliki jumlah sodium yang sangat rendah. Selain itu beberapa sumber nutrisi juga ditemukan dalam ikan salmon, seperti asam pantotenat, fosfor, riboflavin, protein, vitamin B6, niacin, vitamin B12 dan selenium. Bahkan kandungan vitamin A dalam ikan salmon bisa mencapai 2500 IU. Konsumsi ikan salmon secara teratur akan menjaga kesehatan mata dan mencegah penyakit macula (penyakit yang menyerang mata dan menyebabkan kebutaan) dan mencegah sindrom kekeringan mata. Anda bisa mengkonsumsi ikan salmon dengan beberapa jenis olahan.
4.      Ikan Tuna (2183 IU / 100 gr, 44 %)
Ikan tuna menjadi sumber vitamin A yang cukup tinggi. Setiap 3 ons ikan tuna segar mengandung sekitar 1150 IU vitamin A atau sekitar 42 % dari total kebutuhan konsumsi harian. Ikan tuna menjadi sumber retinol yang sangat baik untuk menjaga sistem kekebatan tubuh terutama untuk kesehatan mata. Ikan tuna juga mengandung beberapa nutrisi lain yang sangat baik untuk tubuh seperti niacin, vitamin B12, vitamin D, vitamin B6, asam omega – 3 dan fosfor.
5.      Ikan Makarel (187 IU / 100 gr, 4 %)
Ikan makarel banyak diolah menjadi ikan sarden atau jenis ikan olahan yang dikemas dalam kaleng. Ikan makarel mengandung banyak sumber vitamin dan mineral. Kandungan vitamin A dalam ikan makarel mencapai 187 IU atau sekitar 4 % DV dari kebutuhan konsumsi harian. Ikan makarel bisa bermanfaat untuk kesehatan tubuh, seperti:
  • Memperbaiki sistem otot tubuh terutama untuk menghasilkan tenaga dan energi.
  • Ikan makarel bisa bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang, sistem saraf tubuh, sistem metabolisme dan juga kesehatan jantung.
  • Vitamin A dalam ikan makarel juga sangat penting untuk membantu kesehatan retina dan mencegah kebutaan.
6.      Mentega (2499 IU / 100 gr, 50 %)
Mentega adalah salah satu jenis produk olahan susu. Mentega mengandung 39% lemak yang sangat baik untuk tubuh. Kandungan nutrisi lain yang ditemukan dalam mentega adalah seperti kalsium, fosfor, dan protein. Mentega juga mengandung vitamin A sebanyak 112 % dari total kebutuhan konsumsi harian atau sekitar 5672 IU. Selain itu mentega juga mengandung beberapa sumber vitamin lain seperti vitamin C, vitamin E, vitamin D, vitamin K, thiamin, ribo flavin, niacin, folat, dan vitamin B6. Mentega dapat dikonsumsi menjadi bahan kue, isi roti dan bumbu masak. Makan mentega dalam jumlah yang cukup akan membantu memelihara sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin A yang sangat tinggi dalam mentega bisa membantu menjaga kesehatan mata.
7.      Sereal
Sereal yang terbuat dari jagung kuning dan gandum juga mengndung vitamin A yang cukup untuk tubuh kita.
8.      Susu (498 IU / 100 gr, 10 %)
Apakah Anda sering minum susu? Banyak orang yang beranggapan bahwa susu hanya minuman untuk anak kecil. Namun sebenarnya susu sangat baik untuk anak – anak, orang dewasa dan juga orang tua. Kandungan retinol sebagai sumber vitamin A dalam susu mencapai 498 IU. Kandungan retinol terbanyak ditemukan pada susu rendah lemak. Jika Anda mengkonsumsi susu biasa atau susu dengan lemak tinggi maka kadar vitamin A dalam susu tersebut semakin berkurang. Retinol dalam susu dipercaya dapat mencegah kebutaan, gejala katarak dan sindrom kekeringan cairan mata.
9.      Telur (487IU / 100 gr, 10 %)
Telur menjadi makanan favorit semua orang. Telur bisa diolah menjadi berbagai macam jenis masakan dan juga memiliki harga yang terjangkau untuk semua kalangan. Meskipun telur terlihat seperti makanan yang murah, namun dalam satu butir telur memiliki berbagai macam jenis kandungan vitamin dan mineral. Beberapa jenis vitamin dalam telur adalah vitamin B5 (7%), vitamin B2 (15%), vitamin B2 (9%), folat (5%),vitamin A (6%) dan beberapa sumber mineral seperti seng, kalsium, tembaga, fosfor dan selenium. Kandungan vitamin A dalam telur bisa mencegah kebutaan dan sistem kerusakan organ pada mata. Selain itu telur juga banyak mengandung zeaxanthin dan lutein yang menjadi oksidan kuat utuk mencegah kebutaan.
10.  Keju  (1002IU / 100 gr, 20 %)
Keju adalah makanan yang dihasilkan dari olahan susu sapi. Keju menjadi jenis makanan yang disukai semua orang. Selain itu konsumsi keju yang sering dicampur dengan jenis makanan lain juga akan menambah kenikmatan rasa. Dalam 4 ons keju bisa ditemukan sekitar  560 IU. Keju menjadi sumber retinol yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.  keju juga bisa melindungi kesehatan gigi dan mencegah tekanan darah tinggi.
11.  Yogurt
Yogurt adalah salah satu jenis makanan yang diolah dari susu. Pembuatan yogurt dibantu oleh bakteri fermentasi yang bernama laktosa. Bakteri yang baik ini akan mengubah susu menjadi yogurt dengan tekstur yang lembut dan nyaman untuk perut. Rasa yogurt dapat dibuat menjadi beberapa variasi seperti rasa buah-buahan atau sayur. Dalam satu cup kecil yogurt ternyata ditemukan vitamin A hingga 16.7 mcg. Selain itu yogurt juga memiliki beberapa kandungan nutrisi lain seperti protein, karbohidrat, lemak, dan serat. Bahkan yogurt juga mengandung sumber mineral seperti kalsium, zat besi, magnesium, selenium, fosfor, potasium dan seng. Mengkonsumsi satu cup yogurt sehari sudah mampu mencukupi kebutuhan vitamin A harian, sehingga tubuh Anda menjadi lebih sehat dan mata yang cerah.
12.  Wortel
Sayuran kesukaan kelinci ini memang sangat banyak mengandung vitamin A. tidak heran jika
kelinci mempunyai penglihatan yang tajam. Wortel juga dapat menurunkan hipertensi, dan yang lebih menggembirakan bagi anda kaum hawa, wortel juga bisa untuk menghilangkan nyeri akibat menstrusi. Anda bisa memasaknya sebagai bahan campuran sup atau juga sebagai lalapan makan anda.

13.  Cabai merah
Tanaman yang digunakan sebagai pemberi rasa pedas dalam bumbu dapur ini juga mengandung kandungan vitamin yang tinggi. Salah satunya adalah kandungan vitamin A nya. Tak salah jika banyak orang yang suka makan pedas memiliki penglihatan yang baik.

14.  Bayam
Sayuran hijau ini juga tidak kalah  dengan wortel, kandungan beta karoten didalam bayam hamper sama dengan kandungan beta karoten didalam wortel. Bayam juga mengandung zat besi, yang pastinya bermanfaat bagi kesehatan anda. Satu cangkir bayam sudah cukup untuk mencukupi kebutuhan 49% vitamin A.

15.  Tomat
Sayuran yang identik dengan warna orange dan berbentuk bulat ini juga kaya akan kandungan vitamin A. satu buah tomat yang berukuran sedang sudah cukup untuk mencukupi 20% dari kebutuhhan vitamin A tubuh. 
16.  Papaya
Buah enak murah meriah ini juga mengandung kandungan vitamin A yang cukup tinggi. Sebuah papaya berukuran kecil sudah cukup untuk mencukupi kebutuhan 29% vitamin A tubuh.

17.  Buah naga
Sayang untuk dapat mengkonsumsi buah yang juga banyak mengandung vitamin A ini anda harus merogoh saku dalam - dalam. Karena memang harga dari buah naga ini cukup mahal. Bahkan tterkesan buah naga adalah buahnya orang kaya.

18.  Buah apel
Selain mengandung vitamin B yang komplek dan vitamin C. apel juga mengandung vitamin A yang cukup baik untuk tubuh kita.

19.  Pisang
Tang Tak hanya murah dan enak, pisang juga banyak mengandung vitamin A yang biak untuk tubuh anda. Selain dapat dimakan langsung, olahan pisang sekarang juga sudah banyak variasinya. Namun, pelu diperhatikan, jangan terlalu matang untuk mengolah pisang ini agar kandungan gizinya tetap terjaga.

20.  Umbi – umbian
Anda suka dengan kuliner umbi – umbian? Jika iya, maka lanjutkan. Karena umbi – umbian juga merupakan salah satu sumber vitamin A bagi tubuh kita. Jenis umbi yang banyak mengandung vitamin A adalah ubi kuning, ubi kukus, ubi jalar merah, dan ubi rambat merah.

1 komentar:

 

Blogger news

Blogroll

About