Blogger templates

Pages

Selasa, 20 Oktober 2015

Kebiasaan buruk



SEHATKAH OTAK ANDA?

Ibarat komputer otak kita adalah processor yang super canggih dan tidak ada duannya. Memorinya kuat dan mampu menyimpan banyak data kehidupan terutama cerita hidup kita sendiri.
Otak adalah pusat pengendali semua aktivitas anggota tubuh kita. Oleh karena itu kesehatan otak kita perlu di jaga dengan sebaik-baiknya, beristirahatlah jika otak mulai merasakan lelah dan jangan malas berpikir jika memang ada yang perlu di pikirkan, namun juga tidak boleh terlalu sering memikirkan sesuatu dengan serius karena otak akan kelelahan yang pada akhirnya berdampak pada kesehatan. Kadang kita tidak menyadari jika ada beberapa tindakan atau tingkah laku yang mempengaruhi kesehatan otak dan menurunkan kinerjannya. Berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang tanpa kita sadari dapat mempengaruhi kesehatan otak kita.
1.     Merokok
Rokok berdampak kurang baik bagi otak kita, karna dampak mengerikan yang diakibatkan oleh rokok ialah mengecilnya volume otak dan hilangnya kemampuan otak. Kemudian efek jangka panjang yang disebabkan oleh rokok adalah menerpanya penyakit alzeimer bagi manusia. Memang alzeheimer sendiri Penyakit yang menerpa orang tua, bukan tidak mungkin bahwa Alzheimer juga dapat menyerang kaula muda dikarnakan penggunaan rokok sejak usia dini atau sejak kecil. dikarnakan lingkungan sekitar yang kurang baik dan kelalaian orang tua itu sendiri.

2.    Terlalu banyak makan
Makan adalah aktifitas yang kita lakukan agar kita mendapat energy yang cukup baik untuk beraktifitas dan agar tubuh kita tetap sehat dan kuat. Namun apa jadinya bila kita makan terlalu banyak ?
Makan terlalu banyak berdampak kurang baik bagi kesehatan kita, karna penumpukan lemak pada tubuh kita, akan mengakibatkan tersumbatnya pembuluh darah pada otak, sehingga menyebababkan penurunan fungsi pada otak. Dan dampak paling buruk  adalah Terserang stroke.
Selain hal diatas, makan terlalu banyak juga dapat menyebabkan obesitas dan gangguan kesehatan seperti diabetes dan penyakit berbahaya lainnya. Maka dari itu ada pepatah mengatakan “Makan Sebelum Lapar , Berhenti Sebelum Kenyang”

3.    Tidak biasa sarapan
Tidak hanya makan yang berlebihan, namun begitu juga dengan kebiasaan tidak sarapan. Nah masalah ini mungkin sering kita lakukan pada hari-hari kerja dimana kita terlalu sibuk dengan persiapan sebelum kerja, dan waktu masuk  kerja yang sangat awal sehingga kita menjadi lalai untuk sarapan. Hal ini mungkin sepele namun berdampak kurang baik bagi kesehatan otak kita, karna Tidak Sarapan dapat menyebabkan Penurunan kadar Gula darah. Yang akibatnya berdampak pada penurunan fungsi otak dikarnakan pasokan nutrisi yang kurang.

4.    Memaksakan otak bekerja
Berpikir merupakan hal yang bagus untuk otak, karena dapat melatih kecerdasan otal. Namun, berpikir dalam keadaan sakit juga bias berdampak tidak baik bagi kesehatan otak anda.  Berpikir ketika sakit membuat anda malah tambah sakit dan susah untuk sembuh.


5.    Jarang berpikir dan  melatih otak
Otak diciptakan agar dapat digunakan untuk berpikir, namun sebagian orang mungkin tidak menggunakan otaknya dalam berpikir. Otak memerlukan rangsangan untuk terus aktif dan bekerja, sama seperti halnya kita, otak juga perlu untuk dilatih agar menjadi lebih baik. Malas berfikir justru akan berdampak buruk bagi otak kita, karna kurang dilatih menyebabkan pengecilan ukuran Otak. Cara terbaik untuk melatih otak kita tentunya dengan berfikir, banyak hal yangdillakukan untuk melatih otak, Rajin-rajin Membaca, Mendengarkan Musik, Bermain Teka-teki silang, Bermain Catur, dan segala jenis permainan yang mengharuskan otak untuk berfikir.

6.    Waktu tidur
Tidur merupakan waktu istirahat yang digunakan agar tubuh dapat beristirahat dari kelelahan yang disebabkan oleh aktifitas sehari hari yang kita lalui, tidur sangat baik untuk mengistirahatkan tubuh dan otak kita. Waktu tidur yang terbaik bagi tubuh adalah 6 jam sehari, dan diketahui bahwa kurangnya waktu tidur yang kita miliki dapat mebunuh sel-sel otak. Lalu kebalikannya , terlalu banyak tidur justru akan membuat tubuh menjadi malas dan lamban. Dan bahkan seringkali apabila terlalu banyak tidur tubuh terasa kurang baik, dan segar Maka dari itu gunuakan waktu tidur sebaik mungkin , hindari tidur terlalu larut malam da begadang yang justru tidak memiliki manfaat bagi tubuh kita, malah justru akan menggangu kesehatan tubuh. 
Selain masalah waktu tidur, posisi atau kebiasaan tidur dengan menutup wajah/muka dapat meningkatkan konsentrasi zat karbondioksian. Sehiongga dapat menurunkan proses menghirup oksigen, yang mana seperti kita ketahui oksigen sangat penting untuk otak kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About